Sunday, December 23, 2012

Penyakit Anemia


Penyakit anemia adalah penyakit kekurangan darah karena kadar hemoglobin dan jumlah eritrosit dalam darah kurang dari jumlah normal (standar). Dalam kehidupan sehari-hari penyakit anemia dapat diketahui sejak dini. Sejak anak-anak yang ditandai dengan pusing dan kondisi darah yang kurang stabil. Contohnya saja seorang perempuan yang menderita penyakit anemia ini, orang tersebut akan terlihat pucat, mengeluh pusing dan semutan.

Bagi orang yang masih muda penyakit ini mudah untuk disembuhkan, yaitu dengan memakan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Gejala Penyakit Anemia
Gejala-gejala dari orang yang menderita Anemia mudah untuk dikenali seperti:
1. Mengenali adanya lemah, lesu, letih, lemah hingga lalai yang berlebihan
2. Sering pusing hingga mata yang berkunang-kunang ketika tejadi kelelahan
3. Sakit berlanjut, orang yang terserang penyakit anemia pada bagian kelopak mata memucat, bibir pecah-pecah dan berwarna pucat, lidah berwarna keputih-putihan,hingga kulit keriput dan pucat.

Bila gejala-gejala tersebut sering dialami kemungkinan besar anda mengalami penyakit anemia. Adapun akibat yang dapat ditimbulkan dari penyakit anemia:

* Bagi anak-anak biasnya akan mengalami penurunan kemampuan dan konsentrasi belajar. Terhambatnya pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan otak. Berresikonya terserang penyakit-penyakit lain yang dikarenakan turunya daya taha tubuh.
* Wanita yang terserang penyakit anemia akan mudah sakit karena daya tahan tubuh yang menurun. Penurunan produktivitas krja. Hingga setamina yang turun hingga terlihat pucat.
* Remaja putri biasanya akan mengganggu pertumbuhan badan hingga tidak mencapai tinggi yang optimal. Tidak mampu menjadi olahragawati karena keterbatasan kemampuan fisik. Dan orang wanita remaja yang terkena penyakit ini akan terlihat bodoh.
* Ibu hamil yang terkena penyakit anemia akan menimbulkan pendarahan saat persalinan ataupun sebelum persalinan. Resiko bayi yang dilahirkan mempunyai betat badan yang tidak ideal yaitu kurang dari 2.5kg (BBLR). Bahkan hingga kematian pada salah satu darinya baik bayi atau ibu yang mengandungnya dan menderita penyakit anemia ini.

0 comments :

Post a Comment