Sunday, December 23, 2012

Penyakit Autoimun


Penyakit autoimun adalah penyakit yang disebabkan karena pengaruh fungsi kekebalan tubuh yang abnormal. Penyakit autoimun, pada dasarnya sistem kekebalan tubuh yang normal mampu menangkal semua infeksi dan penyakit yang datang menyerang, sehingga dapat dikatakan kebal dari serangan penyakit. Namun dalam penyakit autoimun, orang tersebut akan mudah terserang penyakit terutama penyakit Hashimoto atau jaringan tertentu yang berhubungan langsung dengan organ seperti paru-paru ataupun langsung ke ginjal.

Gejala Penyakit Autoimun
Gejala-gejala penyakit autoimun seperti pusing, mudah kelelahan, sering merasa kebingungan (non perasaan spesifik), demam, cepat marah dan cemas, kadang sering fluktuasi, terjadi masalah dalam lambung, atau gejala-gejala yang menunjukan gangguan autoimmune. Penyakit autoimun sering sekali berkolaborasi dengan penyakit lain seperti penyakit Diabetes mellitus Tipe I, Rheumatoid arthritis, Dermatomyositis, Vaskulitis, Wegener granulomatosis,  dan sindrom Sj√∂gren.

Penyebab Penyakit Autoimun
Ada beberapa penyebab dari penyakit autoimun ini diantaranya:
* Terjangkitnya virus
* Adanya radiasi UV dari sinar matahari
* Iodine
* Stres dan kecemasan yang berkepanjangan
* Karena sedang dalam masa kehamilan
* Lemahnya kekebalan tubuh yang dikarenakan alkohol, tembakau, dan mereka yang melaksanakan diet dengan cara yang tidak benar.

Dalam spesifiknya penyakit autoimun disebabkan karena autoimmune disorders, yaitu mekanisme tubuh untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit dan ketika kekebalan tubuh rusak maka biasanya akan terjadi penyerangan balik (counterattack). Dan kebanyakan faktor genetik atau keturunan menjadi penyebab penyakit autoimun ini.

0 comments :

Post a Comment