Wednesday, November 21, 2012

Penyakit Kulit Eksim (Dermatitis Atopik)



Apa Penyakit Kulit Eksim itu? Ini adalah jenis penyakit kulit Dermatitis Atopik atau Eksim yaitu peradangan kronis atau menahun yang timbul pada kulit atas dan menimbulkan rasa gatal. Penyakit kulit eksim ini biasanya terjadi pada para penderita asma, rinitis alergika atau pada orang yang dalam keluarganya mempunyai riwayat penyakit asma atau rinitis alergika.

Penyebab Penyakit Kulit Eksim

Pasien dengan dermatitis atopik (eksim) biasanya memiliki penyakit alergi lainnya. Hubungan antara dermatitis dan penyakit alergi tidak jelas, beberapa orang cenderung untuk menghasilkan antibodi yang berasal berlebihan (misalnya immunoglobulin E) sebagai respon terhadap sejumlah rangsangan yang berbeda.

Berbagai kondisi dapat memperburuk penyakit kulit eksim:
* Tekanan
* Perubahan suhu atau kelembaban
* Bakteri infeksi kulit
* Kontak dengan jaringan yang bersifat iritan (seperti wol).
* Pada beberapa anak, alergi makanan dapat memicu dermatitis atopik.

Gejala Penyakit Kulit Eksim

Dermatitis atopik sering terjadi pada bulan pertama setelah kelahiran. Pada wajah, kulit kepala, ditutupi dengan lapisan daerah, tangan, lengan, kaki atau kaki bayi terbentuk ruam kudis merah dan berair. Dermatitis seringkali menghilang dari usia 3-4 tahun, tetapi biasanya untuk kembali.

Anak-anak dan dewasa, ruam muncul dan berkembang biak sering hanya satu atau beberapa daerah, terutama lengan, siku di bagian depan atau belakang lutut.

Warna, intensitas dan lokasi dari ruam bervariasi, tetapi masih menimbulkan gatal.
Gatal sering menjadi penyebab tak terkendali menggaruk untuk memperburuk penyakit.
Menyapu dan mengepel juga bisa merobek kulit dan menciptakan masuknya bakteri penyebab infeksi.

Alasan masih belum jelas, pasien dengan pengelolaan jangka panjang dari dermatitis atopik, kadang-kadang katarak berusia 20-an dan 30-an tahun.
Pasien dengan dermatitis atopik, herpes simpleks biasanya hanya daerah serangan yang kecil dan ringan, dapat menyebabkan penyakit serius seperti demam tinggi, dan eksim (herpetikum eksim).

Diagnosa Penyakit Kulit Eksim

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala, pemeriksaan fisik dan riwayat medis rhinitis alergi atau asma pada keluarga pasien.

Pengobatan Penyakit Kulit Eksim

Krim atau salep kortikosteroid seperti hidrokortison, betametason, desonide, mometasone, triamcinolone dapat mengurangi ruam dan eksim untuk mengendalikan gatal-gatal.
Krim kortikosteroid diterapkan ke daerah-daerah besar atau penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, karena obat ini diserap ke dalam aliran darah.
Jika krim atau salep lebih efektif, ia digantikan oleh vaseline selama 1 minggu atau lebih. Terapkan petroleum jelly atau minyak sayur bisa membantu menjaga kelenturan kulit dan kelembaban.
Jika digunakan kembali setelah penggunaannya dihentikan sejenak, kortikosteroid untuk menjadi efektif lagi.

Pada beberapa pasien, ruam semakin memburuk setelah mandi, bahkan sabun dan air menyebabkan kulit kering dan gosok dengan handuk bisa menyebabkan iritasi.
Oleh karena itu, disarankan untuk mandi lebih sering, tidak terlau kuat menggosok kulit dengan handuk dan oleskan minyak atau pelumas yang tidak berbau (pelembab kulit yaitu).

Antihistamin (hidroklorida hydroxyzine, diphenhydramine, isothipendyl, tripelennamine, cetirizine, klorfeniramin, desloratadine, loratadine, cyproheptadin) untuk mengontrol gatal, terutama sedatifnya efek.
Beberapa obat menyebabkan mengantuk, sehingga harus diambil pada malam hari sebelum tidur.

Kuku harus tetap pendek untuk mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh goresan dan mengurangi risiko infeksi.
Pasien harus belajar untuk mengenali tanda-tanda dari infeksi kulit pada dermatitis atopik (yaitu, peningkatan kulit merah, bengkak, ada garis-garis merah dan demam).
Jika ada infeksi, antibiotik diberikan.

Kortikosteroid dan kapsul dapat menyebabkan efek samping yang serius, karena hanya digunakan sebagai pilihan terakhir dalam kasus keras kepala.
Obat-obatan ini dapat menyebabkan retardasi pertumbuhan, kelemahan tulang, supresi adrenal dan masalah lainnya, terutama pada anak-anak. Selain itu, efek yang menguntungkan hanya bertahan sebentar.

Pada orang dewasa, pengobatan dengan ultraviolet ditambah psoralen (methoxsalen).
Terapi ini jarang dilakukan pada anak karena efeks berbahaya samping jangka panjang, yaitu kanker kulit dan katarak.

Mencegah Penyakit Kulit Eksim

Menghindari kulit kering dapat menjadi faktor untuk membantu mencegah serangan penyakit kulit eksim di masa depan dermatitis. Tips ini dapat membantu Anda meminimalkan efek pengeringan mandi pada kulit:
* Frekuensi mandi. Kebanyakan orang yang rentan terhadap dermatitis atopik tidak perlu mandi setiap hari. Cobalah satu atau dua hari tanpa mandi. Ketika Anda mandi, membatasi diri hanya 15 sampai 20 menit, dan menggunakan air hangat, bukan panas. Bath Minyak bantuan juga dapat membantu.
* Gunakan hanya sabun tertentu atau deterjen sintetik. Pilih sabun ringan yang bersih tanpa terlalu banyak menghilangkan minyak alami. Deodoran sabun antibakteri dan membuatlebih dapat mengeringkan kulit Anda. Hanya menggunakan sabun di wajah Anda, ketiak, alat kelamin, tangan dan kaki. Gunakan air bersih di tempat lain.
* Keringkan secara menyeluruh. Bersihkan kulit Anda dengan cepat dengan telapak tangan Anda, atau menepuk lembut kulit Anda kering dengan handuk lembut setelah mandi.
* Melembabkan kulit Anda. Melembabkan kulit Anda untuk mempertahankan air tidak hilang. Pelembab tebal bekerja dengan baik. Anda juga dapat menggunakan kosmetik yang mengandung pelembab. Jika kulit Anda sangat kering, Anda bisa menggunakan minyak, seperti minyak bayi, sedangkan kulit Anda masih basah. Minyak memiliki daya tahan lebih dari pelembab mencegah penguapan air dari permukaan kulit Anda.

1 comments :

  1. Nice blog!

    Anda ingin mengatasi masalah kulit/wajah??
    Jerawatan? Berminyak? Pori-pori besar? Flek hitam? Komedo?
    Atasi semua masalah itu dengan Nano Spray!!

    Kegunaan Nano Spray :
    - Mencerahkan wajah dan membantu mencegah penuaan dini
    - Melembabkan kulit, termasuk kulit yang sensitif
    - Mengecilkan pori-pori wajah sehingga wajah kelihatan bersih dan awet muda
    - Mengencangkan kulit wajah
    - Menghilangkan jerawat
    - Menghilangkan flek hitam pada wajah
    - Menyamarkan lingkaran hitam dibawah mata
    - Membersihkan komedo

    Info lebih lanjut, hubungi :
    pin:25dddaa9
    phone:+6285664265666 (SMS)

    http://mcidistributor.blogspot.com/

    ReplyDelete